Fase Kering MJO di Awal Tahun 2013

Seperti yang telah saya tuliskan sebelumnya, wilayah yang telah dilewati oleh MJO (Madden-Julian Oscillation) umumnya akan mengalami ‘fase kering’. Untuk mengetahui apakah wilayah kita sedang mengalami fase kering setelah dilewati MJO sebenarnya tidak sulit. Wilayah Indonesia yang sangat dipengaruhi siklus diurnal umumnya akan memiliki cuaca cerah (clear) mulai pagi hingga siang hari. Ketika sore menjelang malam, hujan umumnya akan terjadi akibat konveksi yang kuat sejak pagi. Siklus ini akan berulang kembali keesokan harinya. Nah, kembali ke MJO tadi. MJO yang merambat akan ikut mempengaruhi suhu muka laut (SST) di wilayah yang dilaluinya. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah :

SST pada daerah yang akan dilalui MJO akan meningkat dan memacu konveksi bergerak ke timur, sementara daerah yang telah dilewati MJO akan memiliki penurunan SST yang berakibat pada penekanan konveksi. Bila konveksi tertekan, maka pembentukan awan-awan konvektif tidak akan sekuat biasanya, dan berujung pada tidak adanya hujan konvektif seperti yang umumnya yang terjadi di Indonesia. Jadi, pada fase kering umumnya cuaca akan cerah di sore hari, anda bisa menikmati sunset yang indah, meskipun di hari-hari sebelumnya (saat MJO lewat) hujan bisa terjadi sepanjang hari.

Tentu saja, hal ini tergantung pada wilayah yang bersangkutan. Ada beberapa daerah yang memiliki faktor lokal yang sangat kuat dan tidak terlalu terpengaruh oleh MJO. Kalau ada tinggal di wilayah pegunungan misalnya, efek MJO tidak akan terlalu terasa karena wilayah ini sangat dipengaruhi faktor orografik.

Gambar di atas mirip dengan gambar pada tulisan sebelumnya, tapi dengan penambahan data angin rata-rata pada level tekanan 850 mb. Level 850 mb berada sedikit di atas Planetary Boundary Layer (PBL), yang merupakan bagian terbawah troposfer yang masih terkena pengaruh permukaan bumi. Angin pada level 850 mb umumnya sudah ‘bebas’ dari pengaruh gesekan permukaan bumi, sehingga dapat menggambarkan pergerakan angin yang sebenarnya. Dari gambar di atas, Nampak bahwa MJO telah melewati daerah Jakarta pada saat pergantian tahun kemarin, dan Jakarta mulai memasuki fase kering MJO. Bila dilihat dari pergerakan MJO ke arah timur, efek ini kemungkinan akan berlangsung hingga 1 atau 2 hari mendatang.

-Ardhi-

Pos ini dipublikasikan di Analisis. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s